Beranda » Wisata Jogja » 7 Destinasi Wisata Anak di Yogyakarta Yang Sayang Dilewatkan

1 Jogja Bay Waterpark

Belum lengkap rasanya bila anda dan keluarga tidak berkunjung ke Jogja bay waterpark, yaitu salah satu waterpark terbesar di asia tenggara yang berlokasi di Yogyakarta. Tidak heran kalau sekarang menjadi salah satu tujuan utama destinasi wisata di Yogyakarta. Untuk tema tempat dari Jogjay bay waterpark ini mengusung perkampungan bajak Laut yang bernuansa Tropical Lust yang penuh dengan tanaman hijau dan thematic old pirates sehingga anak anda bisa bermain air layaknya seorang bajak laut. Selain itu di jogja bay waterpark juga terdapat 9 wahana seru dan menantang yang bisa dimainkan.

2 Sindu Kusuma Edupark

Sindu Kusuma Edu Park merupakan destinasi wisata permainan yang mengusung tema rekreasi keluarga dan edukasi untuk anak. Wahana yang paling menarik pengunjung atau ikon dari Sindu Kusuma Edupark adalah bianglala raksasa yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan memiliki 28 kabin yang memuat hingga empat orang per kabinnya. Dengan adanya wahana bianglala raksasa pengunjung bisa menikmati pemandangan Kota Jogja dan sekelilingnya saat menaiki wahana ini. Selain bianglala raksasa, ada banyak wahana lain yang menarik untuk dicoba, diantaranya kereta mini, rotary cupcake, bumper car, kursi terbang, dan mobil listrik.

3 Monumen Jogja Kembali

Merupakan destinasi wisata museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indinesia yang ada di kota Yogyakarta. Museum ini sangat cocok sekali untuk mengenalkan anak pada sejarah NKRI di masa perang. Menariknya museum ini berbentuk kerucut yang terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Pada pintu masuk dituliskan sejumlah 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 sampai dengan 29 Juni 1949. Dalam 4 ruang museum di lantai 1 terdapat benda-benda koleksi seperti : realia, replika, foto, dokumen, heraldika, berbagai jenis senjata, dan bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerdekaan 1945-1949. Tandu dan dokar yang pernah dipergunakan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman juga disimpan di museum Jogja Kembali.

4 Taman Pintar

Taman Pintar adalah salah satu tempat wisata pendidikan atau wisata edukasi paling banyak dikunjungi di Yogyakarta.  Belum lengkap rasanya bila mengunjungi kota Yogyakarta tidak menyempatkan diri untuk bermain sekaligus belajar ke Taman Pintar Yogyakarta bersama keluarga dan anak-anak. Taman pintar menawarkan wahana belajar dan rekreasi yang cukup lengkap untuk anak-anak, baik usia pra sekolah sampai tingkat sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas.

5 Taman Sari

Taman Sari merupakan salah satu destinasi wisata cagar budaya warisan Keraton Yogyakarta yang masih berdiri saat ini. Taman sari dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan HB I, pada tahun 1758. Pada zaman dahulu Tamansari dipergunakan untuk mandi para istri-istri Sultan HB X. Ditempat tesebut anda akan menemukan tempat semacam menara yang dipergunakan untuk melihat dan mengamati istri-istrinya yang sedang mandi. Selain itu Taman sari juga dipersiapkan sebagai sarana untuk benteng pertahanan dalam menghadapi musuh kerajaan. Arsitek dari bangunan berasal dari Portugis sehingga corak dari bangunan Taman sari ini bergaya seni arsitektur Eropa, akan tetapi simbol jawa yang ditonjolan disini juga nampak lebih dominan.

6 Gembiraloka Zoo

Gembiraloka adalah destinasi wisata kebun binatang di Yogyakarta yang memiliki ratusan jenis hewan, mulai dari jenis hewan yang paling banyak dijumpai sampai hewan yang langka. Tidak hanya melihat saja tetapi pengunjung juga bisa berfoto atau menunggangi beberapa hewan yang ada di Gembiraloka zoo tersebut. Disediakan juga wahana pelengkap seperti perahu Katamaran, Speed Boat, ATV, Skuter air, Perahu kayuh dan masih banyak lagi wahana-wahana yang ada di Gembiraloka.

7 Benteng Vredeburg

Museum benteng vredeburg merupakan sebuah wahana edukasi maupun wisata yang menonjolkan unsur sejarah pada masa penjajahan. Sebagai wisata museum benteng vredeburg masih mempertahankan bentuknya yang masih jadul namun minim kreativitas agar tampak lebih modern. Buat anda yang sudah pernah ke Jogja, pasti sudah nggak asing lagi dengan museum yang satu ini karena tepat di depan Istana kepresidenan yang masih searah dengan jalan malioboro sampai 0km. Museum yang sudah dibangun pada abad ke 18 ini menampilkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, terutama perjuangan di kota Yogyakarta. Di dalam bangunan museum ada berbagai diorama yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah. Tentu hal ini bagus sekali sebagai sarana edukasi bagi orang tua mengenalkan sejarah kepada anaknya.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.