Beranda » Kuliner Jogja » Kuliner Khas Jogja Yang Melegenda

Pernahkah anda kejogja ? Tempat mana saja yang pernah anda kunjungi ? Ya mungkin semua orang di Indonesia sudah tidak asing dengan yang namanya DIY atau Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagian orang sudah berkunjung ke jogja yang terkanal dengan sebutan kota pelajar. Tidak hanya unggul didalam dunia pendidikan saja, daerah yang luasnya  3.185,80 km2 ini juga unggul dengan destinasi wisata andalan setelah Bali dan terkenal juga di tingkat Nasional maupun Internasional. Secara Geografis dan berdasarkan bentang alam, DIY dikelompokan menjadi empat satuan fisiografi, yaitu satuan fisiografi Gunungapi Merapi, satuan fisiografi Pegunungan Sewu atau Pegunungan Seribu, satuan fisiografi Pegunungan Kulon Progo, dan satuan fisiografi Dataran Rendah.

Selain disuguhkan dengan destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, Jogja juga mempunyai wisata kuliner yang tidak kalah menggiurkan untuk dicoba dalam memanjakan lidah anda. Kuliner khas Jogja sendiri ada banyak dan berbeda-beda baik dari rupa maupun rasa, contoh seperti :

1. Gudeg

Mungkin sebagian dari anda sudah tidak asing lagi dengan kuliner khas jogja yang terkenal bernama Gudeg. Gudeg sendiri yaitu makanan yang terbuat dari nangka muda dengan santan kental (areh) yang biasanya disajikan bersama nasi putih hangat, sayur krecek, sambal tempe, ayam kampung, dan telur.

2. Bakmi Jawa

Dijogja warung-warung bakmi biasanya ditemukan pada waktu malam hari dan menjamur di seluruh provinsi DIY. Bakmi Ghodog atau mie rebus jogja dimasak menggunakan bumbu tradisional jawa yang kaya akan rasa rempahnya. Bahan baku yang digunakan yaitu bihun dan mie kuning biasa, ada juga yang menggunakan mie dari tepung tapioka yang dikenal dengan mie lethek. Warung yang menyajikan bakmie ghodog ini juga menyajikan menu lainnya seperti bakmi goreng jawa, nasi goreng jawa, magelangan, mie plencing, sego ghodog dll.

3. Bakpia Jogja

Anda sedang berkunjung kejogja dan bingung membawa oleh-oleh makanan untuk keluarga atau teman ? Bakpia mungkin solusi oleh-oleh jogja yang cocok untuk teman ataupun keluarga anda dirumah. Bakpia adalah kue yang berbentuk bulat pipih, dan terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula, yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Bakpia saat ini juga sudah bermacam-macam rasa dan bentuk mulai dari rasa coklat, keju, dengan bahan baku ubi yang dipanggang dan yang dikukus.

4. Geplak Jogja

Geplak merupakan makanan khas jogja yang dibuat menggunakan parutan kelapa yang dicampur dengan gula dan tepung serta di berikan pewarna makanan yang membuat geplak sendiri lebih menarik untuk menyicipinya. Biasanya geplak dikemas menggunakan besek atau keranjang dari anyaman bambu.

5. Thiwul Jogja

Thiwul adalah makanan khas jogja pengganti beras yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Thiwul dulunya merupakan makanan pokok masyarakat Jogja dan sekitarnya pada masa penjajahan jepang. Saat ini thiwul masih dikonsumsi mayarakat Jogja khususnya di Kabupaten Gunung Kidul. Dengan berkembangnya wisata kuliner di Jogja thiwul juga dikemas secara menarik dengan ditambah berbagai rasa untuk memikat wisatawan.

Dan masih banyak lagi wisata kuliner khas Jogja yang menyajikan makanan penuh rasa dan pesona untuk memanjakan wisatawan yang berkunjung keJogja.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.